Remedial merupakan program pengajaran perbaikan yang
khusus diberikan guru kepada siswa (individu/kelompok) karena siswa tersebut
memiliki masalah dalam belajar (kurang/ tidak menguasai materi belajar). Program
pengayaan merupakan program belajar yang diberikan kepada siswa yang telah
menguasai materi pelajaran. Tujuan dari kedua kegiatan ini adalah membantu
siswa dalam meningkatkan keberhasilan dalam belajar, meskipun keduanya memiliki
metode yang berbeda dalam pelaksanaannya. Beberapa bentuk kegiatan dalam
remedial, antara lain :
1.
Menjelaskan kembali materi yang sedang
dipelajari
2.
Memberikan tugas tambahan kepada tiap siswa
dengan individu atau kelompok
3.
Bimbingan secara khusus
4.
Penyederhanaan materi, penyajian atau soal
pertanyaan yang akan disajikan.
Sedangkan beberapa bentuk kegiatan untuk program pengayaan, antara lain :
1.
Menugaskan siswa membaca materi pokok dalam kompetensi
dasar selanjutnya
2.
Memfasilitasi siswa melakukan
percobaan-percobaan, soal latihan, menganalisa gambar dan sebagainya.
3.
Memberikan bahan bacaan untuk didiskusikan guna
menambah wawasan para siswa
4.
Membantu guru membimbing teman-temanya yang
belum mencapai standar ketuntasan belajar minimum.
Waktu yang diberikan untuk remedial dan pengayaan adalah sebagai berikut
:
1.
Setelah mengikuti tes Ujian Kompetensi Dasar
tertentu
2.
Setelah mengikuti ulangan blok yang terdiri dari
beberapa kesatuan Kompetensi Dasar
3.
Setelah mengikuti ujian/ tes Kompetensi Dasar
atau blok trakhir pada semester ganjil atau genap.
Tujuan Pembelajaran Remedial
1.
Siswa memahami dirinya khususnya yang menyangkut
prestasi belajar yang meliputi kelebihan dan kelemahannya, jenis dan sifat
kesulitan yang dihadapi.
2.
Siswa dapat mengubah atau memperbaiki cara
belajar ke arah yang lebih baik sesuai dengan kesulitan belajar yang dihadapi.
3.
Siswa dapat mengatasi hambatan belajar yang
menjadi latar belakang kesulitannya.
4.
Siswa dapat memilih materi dan fasilitas belajar
secara tepat untuk mengatasi kesulitan belajar.
5.
Siswa dapat mengembangkan sifat dan kebiasaan
baru yang dapat mendorong tercapainya prestasi belajar yang lebih baik.
6.
Siswa dapat mengerjakan tugas lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar